Kamis, 13 April 2017

Begini Cara Mengatasi Migrain Secara Alami

Begini Cara Mengatasi Migrain Secara Alami

Begini Cara Mengatasi Migrain Secara Alami - Migrain atau sakit kepala sebelah adalah salah satu jenis penyakit yang paling umum dirasakan oleh siapa saja. Migrain seringnya di alami oleh orang yang berusia antara 18 hingga 45 tahun.


Penyakit migrain ini bisa berlangsung selama beberapa jam atau bahkan hingga berhari-hari lamanya. Hal ini tentu akan sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebetulnya ada banyak obat yang mampu membantu mengurangi beberapa gejala migrain.

Hingga saat ini, belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan migrain. Sementara, obat juga belum tentu bisa dengan cepat memulihkan sakit kepala sebelah. Nah, sebelum mengambil tindakan penyembuhan dengan obat, akan lebih baik jika Anda mengatasi migrain dengan cara mudah dan alami.

Berikut beberapa cara mengatasi migrain secara alami tanpa obat agar rutinitas yang Anda lakukan tidak lagi terhambat.
  • Hindari Pemicu Migrain

Cara mengatasi migrain walau belum ada obat yang benar-benar mampu sembuhkan migrain, namun dengan melakukan perubahan kecil dalam diet dan gaya hidup Anda, hal ini dapat membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain.

Anda bisa menghindari pemicu munculnya migrain seperti merokok, karena nikotin mampu mempersempit pembuluh darah di otak, stres, banyak berolahaga berat, perubahan pola tidur, bau-bauan yang menyengat, makanan tertentu, cahaya dan menstruasi.
  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih merupakan cara mengatasi migrain yang paling efektif. Dehidrasi juga dapat memicu migrain. Sebab, jaringan di sekitar otak terdiri atas air, sehingga saat Anda kehilangan cairan, jaringan tersebut bisa menyusut yang mengakibatkan iritasi dan nyeri.

Minum 1-2 liter air sehari mampu meringankan keparahan, durasi, dan frekuensi serangan migrain/sakit kepala sebelah. Air putih adalah salah satu detox alami untuk membantu membersihkan toksin/racun dalam tubuh yang ikut mengambil peran dalam kambuhnya migrain.
  • Minum Kopi

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein mampu meredam rasa nyeri ketika migrain. Sebab itulah kafein sering di masukan sebagai bahan obat-obatan. Namun, Anda juga harus hati-hati karena bisa saja Anda mengalami ketergantungan dengan terus minum kopi tiap kali migrain kambuh, sehingga melewati dosis minum kopi harian.
  • Hidroterapi

Hidroterapi adalah teknik untuk mengatasi migrain dengan menggunakan media air. Caranya sangat mudah hanya merendamkan kaki Anda di air dingin serta gunakan kain hangat untuk mengompres daerah leher. Cara ini sangat efektif, karena bisa meningkatkan aliran darah dari kepala menuju kaki. Hal ini dikarenakan suhu di kaki lebih rendah dibandingkan suhu pada kepala.
  • Mengonsumsi Makanan yang Kaya Magnesium

Kekurangan magnesium mampu menjadi penyebab berkurangnya aliran darah ke otak dan juga berkurangnya gula darah. Keduanya berpengaruh terhadap serangan migrain. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya magnesium seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, tomat,  gandum utuh, biji-bijian, kacang polong, kentang oat. Magnesium juga berfungsi sebagai pengendor saraf yang tegang.

Post by : Sehat Nomor Satu

Begini Cara Mengatasi Migrain Secara Alami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar