Senin, 10 April 2017

Koledokolitiasis atau Penyakit Batu Saluran Kandung Empedu

Koledokolitiasis atau Penyakit Batu Saluran Kandung Empedu

Koledokolitiasis atau Penyakit Batu Saluran Kandung Empedu - Bentuk serta ukuran dari batu empedu dapat bermacam-macam, mulai dari yang sebesar butiran pasir sampai sebesar bola golf. Jumlah batu empedu juga dapat bermacam-macam, dari sebuah batu empedu yang besar sampai kumpulan dari batu-batu empedu yang kecil-kecil. Komposisi batu empedu tersebut bisa dipengaruhi oleh makanan, umur, dan ras. Menurut komposisinya, batu empedu bisa dibedakan menjadi sebagai berikut:

  • Batu Kolesterol

Warna batu kolesterol dapat bermacam-macam dari warna kuning muda hingga warna hijau tua atau coklat. Bentuk batu kolesterol ini oval dengan panjang sekitar 2-3 cm, dan kerap kali mempunyai titik kecil berwarna gelap. Batu empedu dapat dikelompokan sebagai jenis batu kolesterol apabila 80% berat batu terdiri dari kolesterol (atau 70% bila mengikuti sistem klasifikasi Jepang).
  • Batu Pigmen

Batu pigmen memiliki ukuran yang sangat kecil dan terdiri atas bilirubin dan garam kalsium yang didapati dalam empedu. Batu ini mempunyai kadar kolesterol kurang dari 20% (atau 30% bila mengikuti sistem klasifikasi Jepang)
  • Batu Campuran
Batu empedu campuran terdiri dari 20% hingga 80% kolesterol (30% hingga 70% bila mengikuti sistem klasifikasi Jepang). Bahan bahan lain yang membentuknya misalkan pigmen empedu, bilirubin,,  kalsium karbonat dan palmitat fosfat. Biasanya batu jenis ini akan terlihat pada pemeriksaan radiologi karena kandungan kalsiumnya.
  • Koledokolitiasis
Keadaan koledokolitiasis bisa menyebabkan penyakit kuning atau kerusakan pada sel hati. Salah satu terapi pengobatan untuk koledokolitiasis yaitu dengan kolesistektomi.

Tanda-tanda dan Gejala Koledokolitiasis

Dalam tahap pemeriksaan fisik, pemeriksaan Murphy yang positif biasa ditemukan. Warna kekuningan pada mata atau kulit merupakan ciri penting secara fisik pada penyumbatan diempedu. Kekuningan atau warna tanah liat pada tinja juga mampu meningkatkan kecurigaan pada koledokolitiasis atau pankreatitis. Apabila gejala tersebut disertai dengan demam dan menggigil, bisa dipertimbangkan diagnosis kolangitis.

Penyebab

Meski batu kerap kali dapat melewati saluran empedu menuju usus duabelas jari, beberapa batu mungkin terlalu besar sehingga menyebabkan penyumbatan. Patofisiologi adalah salah satu akibat tersumbatnya saluran empedu yaitu penyakit kuning serta peningkatan kolesterol dalam darah. Tak hnaya itu koledokolitiasis juga bisa menyebabkan pankreatitis akut atau kolangitis.

Post by : Sehat Nomor Satu

Koledokolitiasis atau Penyakit Batu Saluran Kandung Empedu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar